Tips Membeli Laptop Murah Dan Bagusi

Cara Memilih Laptop Berkualitas

Tips Membeli Laptop Murah Dan Bagus – Laptop merupakan sebuah evolusi dari komputer yang sangat praktis dan merupakan sebuah barang pokok bagi pelajar atau pekerja, laptop sendiri saat ini bukan merupakan lagi barang yang digolongkan sebagai kebutuhan tersier.

Hal seperti ini merupakan hal yang lumrah dan disebabkan karena tuntutan pekerjaan serta perkembangan zaman dengan berbagai kebutuhan juga pekerjaan, yang sering dialami oleh seorang pekerja yang keseharianya bekerja di depan laptop dan komputer dengan tujuan menyelesaikan pekerjaan agar lebih mudah juga efisien maka memiliki laptop dan komputer merupakan hal wajib.

“Berhati-Hatilah Dalam Membeli Sesuatu”

Kami akan berikan tips Cara Memilih Laptop Berkualitas dengan membeli laptop murah dan bagus antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu

Pertama kita harus memperhatikan kebutuhan kita sendiri, mau dipakai untuk apa laptop yang kita beli nantinya. Untuk mempermudah anda bagi ke dalam tiga kategori utama yaitu : Laptop Kantoran, Laptop Desain Grafis atau Laptop Gaming.

  • Perhatikan Jenis Laptop

Penting juga untuk memperhatikan jenis laptop seperti apa yang akan kita beli nanti, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita punya tentunya.

  • Pastikan Garansi & Service

Garansi adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop Asus, dia berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun.

  • Tak Kalah Pentingnya, Harga Jual Kembali

Sebelum membeli laptop lebih baik cari terlebih dahulu jenis, brand, atau laptop seperti apa yang punya harga jual kembali yang tidak terlalu anjlok, bukan tidak mungkin kan nanti kita berniat untuk menjualnya lagi, mungkin karena sudah bosan, pingin upgrade, bisa juga kalau – kalau kepepet ya sob.

  • Cek sebelum meninggalkan toko

Untuk satu ini, tentu saja hanya bisa dilakukan oleh Anda yang membeli laptop secara offline, yakni di toko laptop. Untuk satu hal ini termasuk penting, karena untuk menghindari hal-hal yang kurang nantinya. Saya pernah punya pengalaman, yakni membeli laptop tanpa saya cek. Walhasil, ada bagian tuts keyboard yang rusak pada laptop saya. Nah itu mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk Anda. (Sumber : mastekno.com)

Tapi jika anda ingin membeli laptop yang bekas tapi enggat tau cara bagaimana memilihnya kami akan berikan solusinya. Nah, supaya kamu bisa mendapat laptop bekas murah namun masih berkualitas baik, ikuti beberapa tips berikut ini :

  • Beli dari teman tepercaya

Sebelum masuk ke forum jual beli daring, kamu bisa mulai dari teman-teman sendiri dulu. Barangkali di antara mereka ada yang memang mau menjual laptop dengan harga miring dan kualitasnya masih baik. Kalau teman kamu apik, kemungkinan kamu mendapatkan laptop yang masih oke makin besar.

  • Gunakan sistem COD

Sistem pembayaran di tempat atau lebih dikenal dengan COD (Cash On Delivery) merupakan cara terbaik dalam bertransaksi barang bekas. Kamu harus bertemu langsung dengan penjualnya untuk mengetahui karakteristik si penjual (apik atau tidak) sekaligus mencoba langsung performa laptop tersebut.

  • Periksa kisaran harga pasar

Kalau kamu mengetahui harga pasar dari laptop baru, kamu bisa menjadikannya sebagai basis untuk bernegosiasi dengan penjual. Kemudian, kamu juga bisa mengecek harga berbagai laptop bekas yang dijual di forum jual beli daring barang bekas. Dengan begini, kamu bisa mendapat ancang-ancang berapa harga yang pantas untuk laptop bekas yang kamu bidik.

  • Cari laptop dengan masa pakai di bawah 1 tahun

Makin lama masa pakai, makin murah pula harga laptop tersebut. Namun, laptop yang masa pakainya sudah terlalu lama berpotensi pernah mengalami kerusakan tertentu di bagian tertentu.

Selain itu, masa pakai di bawah 1 tahun biasanya masih dilindungi oleh garansi. Hal ini membuat laptop tersebut masih cukup terjamin dalam hal kualitas.

  • Periksa kesesuaian spesifikasi laptop

Saat mengutak-atik laptop bekas, pastikan kamu memeriksa apakah spesifikasinya sesuai dengan yang disebutkan penjual. Kamu bisa melihat ini di bagian Setting, atau buka command run (tekan tombol Start + R di keyboard), ketik ‘dxdiag’, lalu tekan enter.

  • Periksa kondisi hardware

Langkah terakhir, pastikan kondisi hardware masih dalam kondisi baik atau sesuai dengan yang dijelaskan penjual. Sebagai contoh, untuk memerika harddisk, kamu bisa melakukan copy-paste sejumlah file di antara folder atau drive. Jika sangat lambat, kemungkinan harddisk bermasalah.

Periksa juga seluruh tombol keyboard dan mousepad apakah masih berfungsi dengan baik, karena bila ada kerusakan, akan sulit diganti. Pastikan juga layar, WiFi, port untuk USB, fan, webcam, dan sebagainya, masih berfungsi dengan benar. (Sumber : http://tekno.liputan6.com).

Semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat dan memudahakan anda Cara Memilih Laptop Berkualita, murah dan bagus, atau juga bagi yang ingin membeli laptop berkas murah tapi tahan lama.

“Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *