Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing

affiliate marketing

Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing

Percaya atau tidak percaya, setiap hari ada ribuan orang mencari informasi tentang bagaimana cara belajar atau memulai bisnis online di mesin pencari Google. Dan biasanya yang mereka cari adalah bagaimana mendapatkan peluang bisnis sampingan supaya mereka bisa sambil bekerja di rumah.

Apabila kita telususri lebih jauh lagi, bisnis online sendiri mempunyai beberapa jenis atau model bisnis yang berbeda. Dan Anda dapat menghasilkan uang secara online dalam berbagai cara.

Salah satu contohnya adalah menjual produk Anda sendiri, menawarkan jasa, menjual slot iklan di situs web atau blog Anda, atau mempromosikan produk dan jasa orang lain atau biasa di sebut affiliate marketing.

Naahh, sebagai permulaan kita ulas kembali yuuuk, apa itu Affiliate Marketing dan bagaimana cara memulai bisnis online dengan affiliate

Apa Itu Affiliate Marketing?

Pada dasarnya affiliate marketing ini adalah model bisnis penjualan berbasis komisi. Jadi ketika Anda berhasil menjual, Anda mendapatkan uang.

Mirip sales “door to door” di dunia offline, Anda menawarkan suatu produk kepada orang lain dari satu pintu rumah ke pintu yang lain. Jika ada yang laku, Anda dapat komisi.

Namun disini Anda tidak perlu muter-muter kepanasan, karena Anda bisa melakukannya di depan komputer, atau bahkan smartphone dan tablet Anda.

Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar sebagai AFILIASI dari sebuah VENDOR PRODUK (MERCHANT) untuk mendapatkan ID AFILIASI.

Merchant ini bisa berbentuk suatu perusahaan maupun suatu individu.

Selanjutnya mereka (merchant) akan memberikan Anda sebuah Link Afiliasi yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk, dan pada link tersebut sudah mengandung suatu kode khusus untuk ID Afiliasi Anda.

Kemudian ketika Anda mempromosikan link tersebut, dan siapapun yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan pembelian, maka Anda mendapatkan komisi.

Contoh beberapa merchant afiliasi dalam bentuk perusahaan antara lain:
AMAZON.COM, CLICKBANK.COM, JVZOO.COM, LAZADA.CO.ID, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau boleh dikatakan, affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula yang ingin memulai bisnis online.

Namun jangan berpikir bahwa mendapatkan penghasilan pasif itu berarti kita tidak harus bekerja lagi. Itu salah. Membangun bisnis internet sama seperti membangun bisnis lainnya. Jadi yang saya maksud, kita tetap harus kontrol bisnis kita.

Apakah Bisnis Affiliate Ini Bisa Cepat Menghasilkan Duit ?

Saya pikir saat ini kita semua tahu bahwa “skema cepat kaya” tidak benar-benar bekerja, bahkan banyak yang berujung tipu-tipu. Namun tidak ada salahnya kita berpikir tentang bagaimana mendapatkan penghasilan online yang nyata, dan cara yang sah untuk mendapatkan penghasilan online secara konsisten.

Untuk itu, mau tidak mau kita harus menginvestasikan sebagian waktu dan uang kita untuk belajar dan mencari informasi yang benar. Dan saya akui, untuk menjadi seperti sekarang ini, saya menghabiskan waktu yang cukup banyak di awal untuk membuat bisnis afiliasi saya berjalan.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate ?

Untuk memulai bisnis online dengan affiliate ini, Anda bisa mulai dengan menginvestasikan uang kurang dari Rp. 100.000,- atau di kisaran segitu lahh, atau bahkan tanpa uang sama sekali.

Passive income atau penghasilan pasif akan bisa Anda nikmati setelah Anda memiliki situs afiliasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi Anda ke situs pemilik produk. Dan dengan sistem affiliate marketing ini, si pemilik produk / jasa akan menangani pemesanan secara langsung.

Singkatnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. BUAT WEBSITE AFILIASI
  2. TARUH LINK AFILIASI ANDA DI WEBSITE AFILIASI
  3. DATANGKAN PENGUNJUNG KE WEBSITE PEMILIK PRODUK DENGAN LINK AFILIASI KITA

Untuk membuat website, Anda bisa memakai website gratisan seperti blogspot, ataupun yang berbayar (self-hosted / menggunakan domain dan hosting sendiri).

Setelah website Anda jadi, tulislah artikel ataupun ulasan mengenai produk afiliasi yang Anda ikuti. Jangan lupa, masukan link-link afiliasi ke dalam artikel.

Setelah website Anda mulai bekerja, maka website akan mengirimkan traffic pengunjung melalui link-link afiliasi yang sudah Anda buat ke website si pemilik produk.

Dari sini kebanyakan proses bisnisnya sudah bisa dilakukan secara otomatis, dan Anda bisa melakukan pengecekan situs pada waktu senggang Anda.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis online dengan Affiliate ini? Bisa dipahami alurnya kan?

Silahkan mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *