Cara Mudah Membuat Artikel

Cara Membuat Artikel Berkualitas

Cara Mudah Membuat Artikel – Artikel dapat disebut juga karya tulis ilmiah populer karena bahasanya bisa diserap oleh semua kalangan seperti contoh artikel-artikel yang ada di opini surat kabar harian baik nasional maupun regional. Karena terdapat kesamaan beragam nama tulisan itu namun pada hakekatnya sama.

Berikut ini langkah langkah menulis artikel yang benar di mata pencarian Google dan mempermudah sobat dalam mendatang banyak pengunjung supaya sobat bisa mendapatkan uang dari internet yaitu sebagai berikut ini :

Cara Membuat Artikel SEO

  • Tentukan topik artikel

Untuk memulai langkah membuat artikel anda harus memastikan topik terlebih dahulu. Topik di sini bukanlah judul sehingga anda tidak perlu berpikir terlalu matang. Anda hanya perlu membatasi ruang berpikir anda agar tidak keluar dari topik pembahasan sehingga anda lebih terfokus.

Selain itu juga memudahkan anda mencari ide pokok dari turunan topik tersebut. Misal, topik anda tentang internet untuk pelajar maka ide turunan tersebut bisa berupa manfaat internet bagi pelajar, dampak negatif internet bagi pelajar, keuntungan internet bagi pelajar.

  • Perhatikan awal kata setiap paragraf

Dari beberapa hal tentang menulis kata pembuka setiap paragraf bisa menjadi masalah. Salah satu yang menjadi sebab adalah tidak tahu paragraf harus berisi ide pokok seperti apa.

Ini tidak mengejutkan mengingat penulis pemula tidak mempersiapkan diri untuk menulis. Menjadi penulis memang butuh proses. Namun bukan berarti harus menunggu waktu yang lama. Setidaknya anda mencoba memperhatikan artikel-artikel yang ada pada media massa, media cetak atau artikel dari blogger terkenal.

Dari membaca kata pembuka setiap paragraf anda akan mendapatkan ide paragraf yang lebih hidup. Kata pembuka seperti contoh artikel ini “Sudah menjadi, Bukan hal yang mudah, Meskipun demikian, Berita baiknya, dan seterusnya ”.

Selain membaca artikel anda juga bisa mendengarkan para presenter berita. Perhatikan setiap awal kata yang mereka ucapkan. Dengan begitu ide anda untuk mengembangkan paragraf akan terbuka lebar. Mengapa bisa begitu? Ya, pada dasarnya setiap awal paragraf mencerminkan ide pokok setiap paragraf.

  • Jangan berpikir benar dan salah susunan kalimatnya

Seorang penulis adalah sebuah ekspresi bebas. Oleh karena itu jangan terpaku dengan tata bahasa dan kata-kata baku. Jika anda ingin menjadi penulis prinsip seperti ini harus anda hindari terlebih dahulu.

Tujuan dari cara tersebut adalah agar ide yang sudah muncul dipikiran sudah dituangkan ke dalam kalimat. Ide adalah modal berharga untuk menghadirkan efek kemanfaatan bagi pembaca. Oleh karena itu anda harus memastikan ide tersebut tidak terlepas dari isi artikel anda.

Setelah anda selesai dengan itu semua barulah anda membaca ulang dan mengedit. Kalau ada kesalahan atau arti yang sulit dipahami anda bisa merubah atau mengembangkannya lagi tanpa menghilangkan ide pokoknya.

  • Tulislah seolah-olah anda berbicara dengan seorang pembaca

Seringkali seorang penulis menulis untuk dirinya sendiri. Padahal tugas penulis adalah menyajikan hidangan untuk pembaca. Jika tulisan dirasakan susah dipahami pembaca segera rubah gaya penyampaian yang anda gunakan.

Tidak perduli dengan pembaca adalah kesalahan terbesar. Pembaca akan senang kalau mereka terhibur, mendapatkan manfaat dan dihargai oleh penulis melalui artikel.

Cara yang mudah dilakukan adalah membiasakan menulis dengan kata “Anda”. Kata ini lebih menunjukkan bahwa pembaca dihargai.

Begitu juga dengan kriteria pembaca anda harus tahu siapa mereka seperti tingkat pendidikan atau yang lain. Usahakan artikel tersebut tidak mengandung kata yang sulit dimengerti.

  • Jangan terpaku jumlah kata tertentu

Dalam menulis terpaku dengan jumlah kata juga tidak baik. Sebagian orang mengharuskan anda menulis minimal 500 kata. Kalau mampu yang silahkan, tetapi jika belum mampu sebaiknya buat artikel 300 kata saja. Dampak!

Menulis membutuhkan konsep pendahuluan, isi dan penutup. Oleh karena itu membaca artikel orang lain adalah solusi terbaik. Bagaimana mereka berbasa-basi sebelum isi sebenarnya muncul, tetapi tetap menyajikan informasi yang berharga. Kunci pokoknya terletak pada kebutuhan turunan pembaca.

Semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat dan mempermudah sobat dalam menulis artikel yang benar di mata pencarian Google dan yang paling terpenting adalah sobat harus konsisten dalam menjalankan tugasnya jangan sampai setengah setengah.

Selengkapnya sobat bisa melihat artikel yg lainnya mengenai Cara Mudah Membuat Artikel di link berikut ini.

“Terima Kasih dan Semoga Hari Anda Menyenangkan”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *