Cara Merawat Komputer Agar Tidak Lemot dan Rusak

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computerpada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computerpada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Permasalahan komputer ataupun laptop yang lambat dalam bekerja memang seringkali merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer dan laptop yang sangat lemot. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer anda berjalan lambat.

Berikut ini tips bagaiamana cara merawat komputer agar tidak lemot dan rusak berikut ini :

  1. Gunakanlah stabilizer dan UPS agar tegangan listrik stabil. Tegangan listrik yang tinggi dapat merusak perangkat keras komputer misalnya power supply.
  2. Jangan mematikan komputer dengan mencabut langsung colokan pada saat komputer sedang beroperasi. Matikan komputer sesuai dengan aturannya yakni klik start- shutdown- lalu tunggu komputer Sampai benar-benar Mati- kemudian Anda bisa mencabut colokan komputer.
  3. Hindari komputer dari sengatan matahari langsung.
  4. Hindari menaruh benda cair dekat dengan komputer.
  5. Hindari benda yang memiliki sifat magnet dekat dengan komputer, karena bisa merusak monitor dan perangkat keras CPU
  6. Bersihkan CPU dan perangkat keras lainnya secara berkala memakai kain halus, kuas cat kecil dan alat penyemprot udara. Misalnya power supply, heatsink, cool fan, RAM, dan motherboard.
  7. Gunakan antivirus lokal (baca : smadav terbaru) dan lakukan scanning secara berkala pada setiap drive komputer, misalnya setiap 1 minggu sekali.
  8. Lakukan pengecekan data secara berkala baik itu menghapus atau membackup data untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas pada setiap Drive komputer. Jika ada drive komputer yang hampir penuh, maka komputer jadi lemot.
  9. Gunakan aplikasi yang hanya diperlukan dalam membantu pekerjaan Anda. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan untuk meringankan beban memori RAM anda.
  10. Agar komputer awet, tidak lemot dan tidak mudah rusak, saya sendiri menggunakan Deep Freeze. Jadi, setelah saya instal semua aplikasi yang saya perlukan, kemudian menjalankan aplikasi Deep Freeze, dan melakukan frozen pada drive C.

Selengkapanya anda bisa melihat artikel lainya mengenai cara merawat komputer di link berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *