Cara Menjadi Penulis Lepas

Cara Menjadi Penulis Artikel

Cara Menjadi Penulis Lepas – Sobat gemar menulis dan ingin menghasilkan uang dari kegiatan tersebut? Jika ya, salah satu caranya adalah dengan menjadi penulis artikel lepas (freelance writer). Dalam pandangan saya, permintaan (demand) akan jasa penulisan artikel berkualitas cukup tinggi karena banyak blogger yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis atau fokus mengembangkan blognya ke level berikutnya.

berikut ini langkah langkah menulis artikel lepas yang wajib sobat tahu untuk mendapatkan pengunjung Website/Blog, sehingga mudah untuk  mendapatkan uang dari internet.

Cara Menulis dengan Baik

  • Jadilah penulis yang baik

Untuk menjadi penulis lepas tentu saja Anda harus bisa menghasilkan tulisan yang baik. Pastikan Anda merasa nyaman dengan kegiatan menulis karena media itulah yang akan Anda gunakan untuk mengekspresikan diri dengan mudah dan jelas, dan Anda tidak merasa keberatan melakukannya hampir setiap hari sepanjang hidup, tanpa jeda.

  • Latihlah kemampuan komunikasi Anda.

Jika Anda tidak ingin menjadi penulis novel yang hidup menyendiri dalam kemiskinan, Anda harus berhubungan dengan banyak orang sebagai penulis lepas.

Anda harus bisa memasarkan diri sendiri, menciptakan sesuatu yang menarik untuk mendatangkan bisnis, dan mengejar kesempatan. Anda juga harus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tuntutan yang diajukan klien atau pemberi kerja, dan semua itu membutuhkan keterampilan negosiasi dan interaksi yang baik.

Untungnya, sebagian besar komunikasi bisa dilakukan melalui surel, dan itu berarti Anda bisa mengandalkan keterampilan menulis untuk berhubungan dengan klien. Akan tetapi, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk mempromosikan diri di luar sana, bukan hanya duduk diam menunggu kesempatan kerja datang menghampiri.

  • Ketahui bahwa mengubah aktivitas kreatif menjadi pekerjaan bisa menyurutkan antusiasme Anda.

Tidak peduli seberapa besar kecintaan Anda pada menulis, sesekali akan ada pekerjaan menulis yang tidak akan Anda sukai. Dalam situasi seperti ini, Anda harus mempelajari seni tentang “melakukannya saja” terlepas apa pun perasaan Anda, dan seberapa besar keinginan Anda untuk menunda-nunda, dan godaan untuk melakukannya secara terburu-buru.

Mereka yang sudah malang melintang di dunia penulisan mendobrak penghalang ketidaksukaan dengan memperlakukan pekerjaan itu sebagaimana adanya sambil menantikan pekerjaan yang lebih menarik muncul.

  • Seimbangkan kenikmatan bekerja sendirian dengan sesekali berada dikelilingi orang lain untuk menyerap energi positif.

Bekerja di rumah atau sendirian terkadang bisa menimbulkan rasa kesepian (tidak peduli betapa besar kecintaan Anda pada menulis) dan Anda bisa merasa seolah bekerja di kehampaan. Sebagian solusi untuk menyiasatinya adalah menerima kodrat yang tidak biasa (dan sering kali membebaskan) sebagai seorang penulis lepas; sebagian lain adalah keluar rumah dan berkumpul dengan orang-orang sebanyak mungkin.

  • Bersiaplah untuk menerapkan disiplin diri yang besar dan pengelolaan uang yang baik.

Jika Anda berencana untuk berkarier di bidang penulisan lepas, Anda harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap klien atau pemberi kerja dan diri sendiri.

  1. Buatlah sistem keuangan sebelum Anda mulai menerima pekerjaan dan kenali metode pembuatan faktur Anda, pengajuan pajak, dan rekonsiliasi akun. Anda tidak boleh ceroboh jika menyangkut penghasilan!
  2. Buatlah pengorganisasian yang baik: siapkan ruangan khusus untuk menulis, simpanlah semua buku referensi di satu tempat dengan kemudahan akses, semua peralatan menulis yang dibutuhkan berfungsi dengan baik, meja kerja yang cukup ergonomik. Menulis setiap hari bisa berdampak buruk pada postur tubuh jika Anda tidak memperhatikannya dengan baik!
  3. Buatlah sistem tenggat yang baik. Entah Anda menggunakan buku harian, sistem pengingat daring, diagram dinding, papan tulis, atau apa saja, pastikan Anda memiliki sistem yang memungkinkan Anda melihat pekerjaan mana yang mendekati tenggat dan untuk siapa. Dengan begitu, Anda dapat membuat prioritas yang sesuai dan tidak perlu menyelesaikan suatu tulisan dengan terburu-buru.
  4. Lakukan komunikasi yang baik dan teratur. Penting sekali Anda merasa nyaman berkomunikasi dengan orang lain untuk meminta penjelasan, untuk meyakinkan mereka tentang keterampilan dan kemampuan Anda memenuhi tenggat, dan memberikan informasi terbaru kepada klien dan perusahaan sejauh mana kemajuan pekerjaan Anda dan masalah yang mungkin muncul.
  5. Jangan mengambil pekerjaan melebihi kapasitas. Sebagai bagian dari pengorganisasian yang baik Anda mengetahui sejauh mana kapasitas Anda. Setelah menemukan ritme menulis yang reguler, jangan terbuai dengan kepercayaan diri palsu yang menanamkan keyakinan bahwa Anda bisa menangani lebih banyak pekerjaan. Ingatlah untuk mempertahankan keseimbangan yang baik dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Jadi gampang bukan untuk menjadi penulis lepas, yang paling penting adalah sobat harus konsisten dengan apa yang dilakukan saat ini.

Semoga apa yang dipaparkan diatas mengenai Cara Menulis dengan baik guna untuk mengisi Website/Blog sobat dan mendatangkan pengunjung yang banyak dari Googel  (Mesin Pencari).

Selengkapnya sobat bisa melihat artikel lainya mengenai Cara Menjadi Penulis Lepas di link berikut ini.

“Terima Kasih dan Semoga Hari Anda Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *