Cara Menggunakan Sosial Media dengan Cerdas

Bagaimana Cara Menggunakan Sosial Media dengan Bijak

Cara Menggunakan Sosial Media dengan Cerdas – Sosial media bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan bukan hanya dari golongan remaja saja yang menggunakan sosial media namun juga sudah merambah ke usia anak-anak dan orang tua.

Yang patut menjadi perhatian adalah bagaimana efek dari penggunaan sosial media tersebut oleh individu-individu seringkali sudah melenceng jauh dari manfaat sosial media itu sendiri yang sejatinya sangat berguna untuk hal yang positif seperti menjalin tali silahturahmi dan sebagainya berikut ini beberapa tips dalam menggunakan media sosial yang baik di antranya adalah sebagai berikut ini :

Tips dalam Menggunakan Media Sosial

  • Berbisnis online

Dengan memanfaatkan media sosial sebagai lapaknya, tentu kita bisa menghemat biaya, seperti biaya sewa lokasi bisinis kita. Yang terpenting dari bisinis online di media sosial adalah, produk yang kita tawarkan tersebar secara luas, tentu akan berpotensi mendapat banyak peminat. Meski terlihat mudah, ternyata tetap harus dengan keuletan untuk meraih kesuksesan tersebut. Tapi setidaknya kita tidak memberi efek negatif di internet, melainkan memberi sisi positif dan menjadi inspirasi untuk yang lainnya.

Manfaat dari berbisnis online sendiri, tentu kita pun tahu manfaatnya apa? Ya seperti untuk tambahan uang jajan, ataupun memang untuk bisinis, tergantung kita sendiri yang mengelola. Dan jika berhasil, tentu kita bisa mendapat sponsor yang berminat untuk menyuruh kita menjual produknya, tentu kita mendapat bayaran dari itu. Lumayan bukan? Dari pada kita membuat status yang tidak jelas, lebih baik di gunakan untuk berbisnis.

  • Berkarya di media sosial

Seperti yang kita tahu, media sosial sekarang tidak hanya untuk memposting foto dan tulisan, tetapi juga bisa untuk mengirim video karya kita sendiri. Dan bahkan bukan hanya di YouTube ataupun Instagram saja, di Facebook juga sekarang bisa. Jadi manfaatkanlah media sosial itu sebagai sarana pengembangan bakat dan karya yang sudah lama kita pendam. Jika Anda aktif di media sosial, tentu Anda akan tahu orang-orang yang sudah terkenal dengan karyanya karena media sosial. Bukan hanya karena YouTube, dari Instagram pun sudah banyak.

  • Memberikan informasi yang positif

Akhir-akhir ini sering kali kita melihat status orang-orang di media sosial yang isi statusnya kebanyakan tidak ada manfaat bagi orang lain. Contohnya mengenai perdebatan klub sepak bola.

Coba Anda bayangkan! Seseorang bertengkar untuk suatu hal yang sama sekali tidak peduli dengan orang itu? Mereka menyukai klub sepak bola dan sangat fanatik. Tapi di satu sisi, apakah klub sepak bola itu tahu kita? Kenal kita? Dan peduli dengan kita? Mereka hanya menganggap kita fans, tidak lebih dari itu. Jika terjadi sesuatu dengan fans nya karena mendukung mereka, mereka hanya mengucapkan turut berduka cita saja, tidak lebih. Bukankah itu tidak seimbang dengan pengorbanan kita?

Boleh-boleh saja menyukai sesuatu, tapi jangan terlalu fanatik. Cukup sewajarnya saja. Karena yang fanatik itu tidak sehat. Terlebih, ada banyak sesuatu yang lebih positif yang bisa kita share di status media sosial kita. Seperti artikel tentang kesehatan, berita pengetahuan, dan lain sebagainya. Bukankah itu lebih baik dari pada kita berkoar untuk hal yang tidak jelas di media sosial? Dan itu lebih masuk akal. Mulai sekarang, cobalah berbagi hal positif yang anda temui. Siapa tahu ada teman media sosial yang mendapat manfaat dari apa yang anda share tersebut.

  • Hentikan kebiasaan mengeluh di media sosial

Mengeluh adalah sifat alami manusia. Tapi manusia yang berpikir rasional, tentu akan mengeluh dengan cara yang baik. Bukan dengan cara mengeluh di media sosial dengan kata-kata yang kotor. Mungkin tujuan kita untuk mencari simpati dari orang lain, tapi sayangnya orang lain tidak mendapat rasa prihatin pun dari keluhan anda itu. Yang ada orang lain akan menganggap anda orang yang lemah, lebay, dan sangat rendah di hadapan orang yang di sekitar anda.

Mengeluh itu termasuk hak asasi manusia. Tapi jika ingin mengeluh, sebaiknya katakan saja pada yang maha kuasa dengan cara ibadah dan berdoa. Untuk di share di media sosial, cukup kata-kata mutiara yang kita dapatkan dari hikmah yang kita dapat atas masalah tersebut. Bukankah itu hal yang positif? Lagi pula, siapa tahu kata-kata mutiara yang kita tulis itu bisa menginspirasi orang lain yang sedang mengalami masalah yang sama dengan kita. Masuk akal, bukan?

Semoga apa yang dipaparkan diatas bermanfaat untuk sobat yang senang menggunakan media sosial dan para pengguna yang harus hati – hati dalam menggunakan akun media sosialnya masing – masing.

Selengkapnya sobat bisa melihat artikel yang lainya mengenai Bagaimana Cara Menggunakan Sosial Media dengan Bijak di link berikut ini.

“Terima Kasih dan Semoga Hari Anda Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *