Cara Mengetik Dengan Cepat

Belajar Mengetik 10 Jari

Cara Mengetik Dengan Cepat- Mengetik adalah keterampilan penting pada zaman ini, dan pengetik cepat mempunyai keunggulan yang lebih besar dalam hal efisiensi di tempat kerja dari pada yang lainnya. Bila Anda terkenal sebagai pengetik “sebelas jari,” mulailah Belajar Mengetik 10 Jari di sini. Tangan Anda akan terlatih dalam waktu singkat.

“Rajin-rajinlah berlatih supaya lebih cepat menguasainya”

Sebelum kita membahas Cara Mengetik Dengan cepat alangkah baiknya kita harus tau posisi dan fungsi tiap jari pada keyboard supaya lebih mudah belajar mengetik 10 jari dengan cepat.

  • Posisi dan Fungsi Tiap Jari pada Keyboard

Perhatian kita di sini adalah apa tugas atau fungsi dari tiap jari yang kita miliki, dan agar mudah penjelasannya kami akan memetakan pada dua bagian, yakni jari kiri dan kanan. Manakala ada satu jari saja yang tidak digunakan sebagaimana tugasnya maka tentu tips yang anda pelajari ini tidak sempurna, apalagi jika sudah terbiasa tentu akan sulit dirubah.

a. Tugas Jari Tangan Kanan

  • Telunjuk : Untuk tombol huruf : Y, U, H, J, M, N,  7 dan 6
  • Jari Tengah : Bertugas menekan huruf : I, K, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Pada huruf O, L, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Kelingking : Semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau slaha satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Telunjuk : Fungsinya untuk mengetik huruf R, T, F, G, V, B angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Untuk huruf E, D, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : untuk huruf W, S, X, dan 2.
  • Kelingking : Q, A, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Menekan spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya. (Sumber : caraspot.com)

Sesuai apa yang dipaparkan diatas kita masuk ke Cara Mengetik Dengan Cepat dengan Belajar Mengetik 10 Jari yaitu sebagai berikut ini :

  • Atur tempat kerja yang tepat untuk diri Anda

Hal pertama yang akan Anda butuhkan sebelum Anda duduk dan mulai mengetik adalah tempat kerja yang cukup nyaman, dimana luasnya tidak mengganggu Anda. Akan lebih baik jika Anda mengetik di meja daripada dipangkuan.

  • Percaya atau tidak, posisi dan postur Anda itu penting

Mencoba dan duduk lurus serta menjaga pergelangan tangan Anda pada tingkat yang sejajar dengan keyboard, sehingga jari-jari Anda dapat melengkung dengan banar diatas tombol. Cobalah untuk tidak terlalu membungkuk dan duduklah pada ketinggian yang nyaman.

  • Posisi tangan yang benar

Posisi tangan yang salah adalah kesalahan paling utama yang sering dilakukan seseorang dalam mengetik. Untuk mengetik dengan baik, tempatkan tangan Anda dan jari diatas baris tombol utama dan kembali lagi ke posisi tersebut sambil istirahat. Baris tombol utama adalah sebagai berikut.

Jari telunjuk kiri pada huruf F
Jari tengah kiri pada huruf D
Jari manis kiri pada huruf S
Kelingking kiri pada huruf A

Jari telunjuk kanan pada huruf J
Jari tengah kanan pada huruf K
Jari manis kanan pada huruf L
Jari kelingking kanan pada titik dua/titik koma (: dan 😉
Jempol kiri dan kanan harus standby pada tombol spasi

  • Coba lakukan latihan mengetik sederhana

Mulailah dengan tombol utama: asdf <spasi> jkl;
Kemudian, ketik tombol utama dengan huruf besar, menggunakna tombol shift ASDF <spasi> JKL;
Lalu berpindah ketombol yang ada dibawah dan ketik zxcvbnm;
Kemudian, melompat ke baris atas: qwertyuiop
Tanpa melihat keyboard coba untuk menilis huruf alphabet secara lengkap, dengan posisi tangan tetap seperti aturan pada poin 3.

  • Belajar mengetik tanpa melihat keyboard

Ini merupakan skill yang cukup sulit untuk dilakukan pada awal, namun ini merupakan cara mengetik tercepat yang bisa Anda lakukan dan kuasai. Dibutuhkan latihan yang teratur untuk hal ini. Mulailah secara perlahan dan mencoba untuk mengetik tanpa melihat keyboard sambil mengingat posisi huruf dengan posisi jari seperti poin 3. Bangun kecepatan Anda secara bertahap dan coba untuk terus mencoba walaupun akan sulit dilakukan pada saat awal belajar.

  • Latihan, latihan dan praktek

Tidak ada jalan pintas untuk berlatih mengetik cepat, semakin Anda sering melakukan maka kecepatan Anda mengetik akan semakin meningkat dan Anda akan tau dengan sendirinya tombol tertentu harus diketik dengan jari tertentu.

  • Manfaatkan aplikasi latihan mengetik

Internet menyediakan berbagai website dan software yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetik dengan cepat, tersedia juga langkah-langkah dan level yang bisa memacu Anda untuk mengetik lebih cepat, Anda bisa menggunakan aplikasi Typing Master misalnya, atau website keybr.com

Semoga apa yang disampaikan dan dijelaskan mengenai Cara Mengetik Dengan Cepat diatas dapat bermanfaat dan bisa dipraktikan supaya belajar mengetik 10 jari nya lancar.

“Terima Kasih dan Semoga Hari Anda Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *