Cara Membuat Bootable Windows 7 Dengan USB Flashdisk

Bootable Sebagai Media Penyimpanan

Sebelum kita membahas tentan Cara Membuat Bootable Windows 7 Dengan USB Flashdisk alangkah baiknya kita harus mengetahui apa itu Bootable ?

A. Pengertian Bootable

merupakan sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana ditempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya.

Mengapa dinamakan dengan bootable?

Karena sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan.
Booting yang dilakukan harus melalui tahapan-tahapan yang benar, misalnya saat akan mengatur pengaturan pada BIOS. Pada
BIOS tentunya harus ditentukan sesuai dengan media apa yang akan digunakan nantinya, apakah itu Harddisk, CD/DVD ROM, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya.
Pengaturan seperti itu dapat dilakukan pada menu boot kemudian set boot order setelah itu tinggal atur first boot atau booting awal. (Sumbe alimasdar.blogspot.co.id)
Sesuai apa yang dipaparkan diatas selanjutnya kita masuk ke Bagaimana Cara Membuat Bootable Windows 7 Dengan USB Flashdisk dan langkah langkanya sebagai berikut :
  1. Pertama Download softwarenya di sini
  2. Kemudian sebelum menginstal software tersebut, jika kamu menggunakan Windows XP, pastikan sudah terinstal image mastering api V.2 dan .Net Framework V.2, tanpa keduanya Windows 7 USB/DVD Download Tool tidak dapat diinstall.
  3. Yang ketiga pastikan USB flasdisk minimal 4 GB.
  4. Selanjutnya OS Windows 7 berupa file ISO, jika kamu belum punya file iso windows 7, ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah in.
  5. Setelah itu Jalankan program Windows 7 USB/DVD Download Tool, klik Browse untuk memilih File iso dari OS Windows 7, lalu klik Next.
  6. Kemudian Jika mucul pesan eror “Invalid ISO file. The selected file is not valid ISO file, please select a valid ISO file and try again” cara mengatasinya adalah :
    • Buka poweriso, klik File – Open – pilih file iso dari OS Windows 7 tadi, kemudian klik Open
    • Kembali klik File – Image Properties, pada kotak dialog yang ditampilkan, buang checklist yang terdapat pada Joliet kemudian klik Ok.
    • Klik File lagi, pilih Save As dan tunggu prosesnya.
  7. Kemudian jika sudah selesai, kembali ke poin No. 5, masukkan file iso yang baru, kemudian klik Next, lalu pilih USB device.
  8. Klik Begin Copying, seperti terlihat pada gambar berikut;
  9. Tunggu proses pembuatan USB bootable Windows 7 selesai. Setelah jadi, silakan dicoba untuk install windows 7 dengan flashdisk tersebut.

Selanjutnya bisa melihat artikel lainya mengenai Cara Membuat Bootable Windows 7 Dengan USB Flashdisk di link berikut ini.

Semoga apa yang dipaparkan tadi diatas bisa bermanfaat dan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *