Cara Membuat Artikel Berkualitas

Cara Menulis Artikel Seo

Cara Membuat Artikel Berkualitas – Untuk tampil di halaman pertama Google itu  sangatlah muda, karena Cara untuk bisa menampilkan Blog/Website di pencarian google, tentu saja kita bangga jika mampu membuat blog dan artikel nya bisa tampil di halaman pertama Google, apalagi jika topik yang dibahas di blog banyak dicari pengunjung di mesin pencarian Google yang jumlahnya bisa mencapai ribuan perhari, bisa dibayangkan berapa banyak pengunjung yang akan masuk dan membaca artikel blog kita yang masuk di halaman pertama Google.

Berikut ini langkah – langkah / Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas adalah sebagai berikut ini :

Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

  • Gunakan Keyword di Judul Artikel

Ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel. Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

  • Gunakan Judul yang Mengundang Klik

Kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

  • Tulis Artikel Panjang & Dalam

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?

Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine. Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam (lengkap dan menyeluruh).

  • Gunakan Internal Linking

Internal linking adalah link antar halaman dalam satu blog/website.

Berapa jumlah ideal internal link per post nya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience. Jika Anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca Anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.

  • Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density

Keyword density adalah intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya Anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

Anda malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk (keyword stuffing).

  • Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline

Menggunakan tanda bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional. Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

  • Gunakan Elemen h1, h2 & h3

Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

  • Optimasi Meta Deskripsi

perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog Anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya. Sekali lagi, ini berhubungan dengan user experience utamanya CTR Anda di SERP.

  • Masukkan Attribut Alt di Image (Gambar)

Google tidak bisa membaca file gambar (image), maka disini penggunakan attribut alt diperlukan sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

  • Pengunaan Media ke dalam Artikel (Images, Video, Infographics, dll)

Semakin kaya informasi yang Anda sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas.

Jika memungkinkan, gunakan media-media untuk memperkaya isi tulisan seperti gambar, video, tabel, chart, infographics maupun maps.

  • Gunakan Variasi Keyword

Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword disini adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat dan mempermudah sobat dalam membuat artikel guna mempermudah untuk tampil di halaman pertama google, supaya orang banyak mengunjungi Website/Blog sobat dan dapat menghasilkan uang dari internet dengan cepat dengan hasil membuat artikel SEO yang bagus.

Selengkapnya sobat bisa lihat artikel lainya mengenai Cara Membuat Artikel Berkualitas di link berikut ini.

“Terima Kasih dan Semoga Hari Anda Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *