Cara Membersihkan Virus Shortcut

Cara Menghapus Virus Lewat CMD

Cara Membersihkan Virus Shortcut – Virus shortcut, meski sebetulnya terkesan tidak berbahaya, akan tetapi masih menjadi salah satu virus paling menjengkelkan.

Kenapa karena Virus ini, seperti kebanyakan virus pada umumnya, biasanya menular ke suatu perangkat lewat flashdisk atau media penyimpanan lainnya, yang sebelumnya telah tertular virus itu.

Begini cara membersihkan virus shortcut secara total dan mencegahnya agar tidak kembali lagi. Sebenarnya cara menghapus virus shortcut dengan CMD ini tidaklah susah. Bahkan bisa dibilang untuk menghilangkan virus yang mampu menginfeksi flasdisk secara cepat ini tidak diperlukan keahlian khusus.

Virus shortcut ini bisa dihilangkan dengan sangat mudah. Jika sobat memiliki masalah dengan virus yang satu ini, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

“Jaga dan Rawatlah Komputer Dengan Sebaik-baiknya”

Sebelum membahas bagaimana cara membersihkan virus shortcut, terlebih dahulu kita akan mempelajari bagaimana sistem kerja virus shortcut ini. Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk.

Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi supper hidden. Selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut (terdapat tanda panah kecil pada icon file).

Berbeda dengan cara kerja virus lain, virus ini sebenarnya tidak merusak file kita. Hanya saja disembunyikan dalam bentuk supper hidden. Jadi jika settingan komputer kita tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden, maka seolah-olah file asli kita tampak seperti “Hilang”.

Nah, biar tidak bingung dan panik pada saat terserang virus shortcut ini sobat bisa menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan sangat mudah. Silahkan coba tehnik berikut ini.

Berikut ini langkah-langkah Cara Membersihkan dan menghapus Virus Shortcut dengan CMD yaitu sebagai berikut ini :

  • Pertama yang dapat anda lakukan adalah tekan tombol Windows+R secara bersamaan, atau anda juga dapat menuju menu star > all program > run.Nah untun wondows+r maka akan langsung terbuka.
  • Kedua, selanjutnya anda tinggal ketikan kata “cmd” tanpa tanda kutip, lalu tekan enter/ok.
  • Setelah itu akan muncul menu cmd, maka kemudian sobat tinggal menuliskan drive yang terkena virus tadi. Misalnya pada folder yang terkena virus saya ada didirektori E, maka saya ketikan E:

 

  • Kemudian anda tinggal masukan kata -s-r-h/s/d lalu tekan enter.

  • Lalu anda akan menemukan file dan folder asli yang mungkin tersembunyi, jika terdeteksi ada virus shortcut maka segera hapus dengan command prompt, namun jika dilakukan dengan manual maka akan dapat kembali lagi.

Dengan begitu virus shortcut tidak akan kembali lagi di folder tersebut, anda perlu melakukanya dengan tepat untuk dapat selalu menghapus virus shortcut berbahaya tersebut.

Semoga apa yang dipaparkan dan disampaikan dapat berguna serta bermanfaat bagi kalian yang mengalami masalah dengan virus shortcut.

“Terima Kasih dan Semoga Hari Anda Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *