Belajar Membuat Website

Membangun Sebuah Website Sampai Penghasilan Jutaan Rupiah

Sebuah bisnis tidak akan berjalan jika tidak ada toko. Dan sebuah toko tidak akan dikenal jika tidak dipromosikan.

  • Dalam dunia bisnis offline. Toko adalah alat untuk menjual produk-produk yang dimiliki. Adapun iklan, spanduk, billboard, signage adalah alat untuk mengenalkan toko tersebut ke calon konsumen.
  • Demikian pula dengan dunia online. Website adalah toko online yang dibuat untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan. Promosinya bisa menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, termasuk juga memasang iklan di Google.

Namun tidak semua orang mahir membuat website, meskipun mereka sudah pengalaman dalam membuat toko. Sebab antara keduanya berbeda dari sisi konsep dan strategi. Maka bagi calon pebisnis yang ingin terjun di dunia maya, belajar membuat website harus menjadi langkah pertama sebelum benar-benar menjalankan usahanya.

Sebenarnya membuat website tidak bisa dikatakan sulit.

Di era digital ini sudah banyak fasilitas-fasilitas pembuat website yang bisa digunakan secara gratis di internet seperti blogspot, wordpress, wix dan lain-lain. Website sekarang bukan lagi barang “mewah” yang sulit dikerjakan, namun sudah bisa dipelajari oleh siapapun dan di mana pun.

Bahkan mereka yang gaptek pun, asal ada kemauan untuk belajar membuat website, pasti bisa melakukannya. Apalagi saat ini tutorial pembuatannya juga tersedia gratis dan bisa dipelajari dari sumber-sumber manapun. Platform yang digunakan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Namun, membuat website tidak sekedar berbicara masalah teknis desain dan tata letaknya. Salah satu yang wajib dipelajari saat belajar membuat website adalah :

  • bagaimana agar website tersebut ramah Google (Google friendly) sehingga saat orang mencari produk di internet, maka website Sobat bisa muncul di halaman pertama.

Dan untuk bisa seperti ini, tentu dibutuhkan keahlian “khusus” yaitu Search Engine Optimation alias SEO. SEO meliputi kata kunci yang ditembak berdasarkan riset dari Google Keyword Planner, yang disisipkan pada Meta Keyword, disisipkan dalam artikel dan dioptimalisasi melalui website-website lain sebagai backlink. Jika sudah melakukan cara ini, website Sobat bisa muncul di halaman pertama.

Namun perlu diketahui bahwa proses SEO untuk website bukan proses sehari semalam. Dibutuhkan waktu minimal tiga bulan sebelum akhirnya bisa terindeks secara sempurna oleh robot Google. Dan selama kurun waktu tersebut, dibutuhkan konsistensi dalam menulis artikel.

Artikel bagi sebuah website bisa dikatakan seperti “makanan” untuk mesin pencari Google. Semakin sering diisi artikel, apalagi kalau artikelnya panjang, maka semakin “kenyang” Google sehingga algoritmanya langsung mendeteksi website Sobat ketika diketikkan kata kunci.

RWP Grup adalah Rahasia Website Pemula Grup, sebuah grup komunitas Bisnis Online yg fokus pada pasar PEMULA di Indonesia dengan menggunakan teknik SEO.

Website yang bagus adalah website yang berjangka panjang. Jangan sampai hari ini di halaman satu, besok lusa malah di halaman kesepuluh.

Tentu ini tidak ingin terjadi pada website Sobat, bukan?

Karena itu, selain konsistensi, kualitas artikel juga harus menjadi pertimbangan.

Content is The King.

Orang akan terus berkunjung ke website Sobat karena artikelnya disukai dan bermanfaat. Orang tersebut nantinya akan meng-sharing link URL dari website Sobat ke jaringan sosial medianya. Dan otomatis bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi.

Sebenarnya ada tahapan yang lebih sederhana dalam membuat website kita bisa disukai Google. Cukup fokus ke kontennya saja, tidak perlu memikirkan SEO atau hal teknis lainnya. Kualitas artikel menentukan seberapa banyak orang akan konsisten berkunjung ke website kita. Dan artikel berkualitas adalah artikel yang memberikan pengetahuan baru bagi pembacanya.

“Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *