Belajar Affiliate Marketing

affiliasi

Belajar Affiliate Marketing

sebelum jauh membahas tentang bagaimana cara belajar affiliate marketing, ada baiknya kita ingatkan kembali apa itu bisnis Affiliate atau affiliate marketing

 

Affiliate marketing adalah proses untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang atau perusahaan lain.

 

Anda temukan produk yang anda suka, promosikan kepada orang lain maka anda akan dapatkan bagian keuntungan untuk setiap penjualan yang anda buat.

 

Dari definisi tersebut dapat diambil gambaran bahwa terdapat 3 pihak yang terlibat dalam suatu proses affiliate marketing. Pihak pertama yang memiliki produk untuk dijual disebut sebagai Merchant/Vendor.  Pihak kedua yang melakukan promosi untuk mendapatkan pembeli biasa disebut sebagai Affiliate. dan pihak ketiga yang membeli produk yang dipromosikan oleh Affiliate disebut sebagai Consumer atau Buyer.

Diluar ketiga pihak tersebut, dalam beberapa kasus terdapat pihak keempat yang biasa disebut dengan istilah Network yang menjadi penyambung antara Merchant dengan Affiliate. Pihak network menyediakan beragam produk dari berbagai Merchant untuk kemudian dipromosikan oleh Affiliate yang menjadi anggota dari Network tersebut.

Affiliate marketing secara sederhana dapat didefinisikan juga sebagai suatu skema pembagian keuntungan untuk setiap penjualan yang berasal dari promosi pemasar/marketer  yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang diberikan oleh penjual atau pemilik produk berupa komisi yang dapat berupa nilai tetap atau persentase dari nilai transaksi pembeli. Tergantung si pemberi komisis itu mau membagi berapa besarnya komisi yang akan di dapat nanti.

Banyak orang yang spektis dan tidak percaya dengan belajar affiliate marketing sebagai salah satu cara mencari uang di internet yang jujur, berkelanjutan dan dapat memberikan jumlah yang signifikan. Anggapan-anggapan tersebut salah, affiliate marketing adalah salah satu cara mencari uang dengan internet secara jujur dan dapat memberikan pendapatan yang besar. Apalagi jika dijalani dengan penuh keseriusan 🙂

Walaupun menghasilkan uang dari bisnis ini pada umumnya dilakukan dengan mengambil peran sebagai Merchant atau Affiliate tapi dalam artikel ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara belajar affiliate marketing untuk pemula. Dimana untuk seorang pemula menjadi Affiliate jauh lebih murah dibandingkan dengan menjadi Merchant karena untuk menjadi Affiliate anda tidak perlu mengembangkan produk anda sendiri untuk menghasilkan uang.

Setelah mengetahui istilah-istilah yang biasa digunakan dalam affiliate marketing dan dasar-dasar dari cara kerjnya, sekarang saatnya untuk masuk ke bagian utama dari artikel bagaimana cara memulai bisnis ini untukpara  pemula seperti kita ini, cekidot :

  1. Menetukan tema atau Bidang yang akan di pilih

Untuk memulai affiliate marketing sebagai affiliate, anda perlu menentukan terlebih dahulu apa tema atau bidang spesifik yang akan menjadi fokus anda nantinya.

kenapa anda perlu memilih suatu tema atau bidang yang spesifik ? yaaap, anda perlu memilih suatu tema atau bidang yang spesifik agar anda bisa menarik pengunjung yang spesifik juga

Pengunjung yang spesifik dalam jumlah yang besar tersebut pada akhirnya menjadi salah satu penentu sukses dalam menjadi affiliate.

Pilih tema atau bidang yang sesuai dengan minat diri anda ( passion ) atau yang membuat anda semangat untuk mempelajarinya. Affiliate marketing bukan cara untuk menjadi kaya dengan cepat. Anda perlu belajar, belajar, dan belajar affiliate marketing dan tema yang anda akan anda bahas.

Oleh karena itu, anda akan lebih mudah untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan dan menghindari kebosanan sebelum affiliate marketing dapat memberikan penghasilan yang cukup.

 

  1. Mencari Program Affiliate Yang Sesuai

Setelah anda menemukan tema yang sesuai dengan minat pilihan anda, selanjutnya anda perlu mencari adakah program affiliate yang berhubungan dengan tema yang anda pilih.

Jika anda bermaksud untuk melakukan affiliate marketing dengan bahasa Inggris maka apapun tema yang anda pilih kemungkinan besar ada produk atau layanan yang berhubungan dengan tema anda. Oleh karena itu jika anda bermaksud untuk melakukan affiliate marketing dalam bahasa Inggris anda dapat melewatkan bagian ini.

Untuk affiliate marketing lokal, anda lebih baik memastikan terlebih dahulu apakah ada produk yang dapat anda promosikan dengan mencari di Google dengan memasukkan kata kunci “tema” dan “affiliate”.

 

  1. Membuat Website atau Blog Affiliate 

Tahap selanjutnya untuk memulai affilate marketing adalah membuat website affiliate untuk diri anda. Untuk membuat website affiliate yang serius anda perlu membeli hosting dan domain untuk website anda.

Jika anda serius untuk menghasilkan uang dari affiliate marketing jangan menggunakan website dan domain gratis untuk website affilate anda.

Kenapa? menggunakan website dan domain gratis berarti anda tidak mempunyai kontrol penuh terhadap website anda. Website dan domain gratis juga dapat menjadi indikasi rendahnya otoritas yang anda punya di bidang tersebut, sehingga akan lebih sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca website anda.

Mempunyai website sendiri merupakan dasar dari affiliate marketing karena walaupun link affiliate dapat anda sematkan melalui social media atau email anda, tetapi sangat kecil kemungkinan seseorang melakukan pembelian hanya karena membaca posting social media atau mendapat email dari anda.

Dengan membuat website sendiri anda dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dari produk yang anda promosikan, membangun hubungan jangka panjang dengan pembaca dan mengimplementasikan strategi affiliate marketing secara lebih baik.

Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah bagaimana cara belajar affiliate marketing dari tingkat dasar untuk pemula diatas, teruslah mengasah kemampuan anda dengan terus belajar. Terutama untuk membuat konten yang semakin bagus dan berkualitas, agar menambah pembaca atau pengunjung terhadap website anda.

Semoga bermanfaat, dan salam sukses 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *